Mempelajari Proses Pemenuhan Pesanan
Tujuan sebagian besar bisnis adalah untuk mendapat untung dan memberikan produk dan layanan terbaik yang dapat mereka tawarkan kepada pelanggan. Untuk perusahaan yang memproduksi barang yang dapat dijual, memproduksi produk akhir bukanlah langkah terakhir. Anda sudah tahu bahwa produk Anda akan laku. Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengirimkan produk ke toko atau langsung ke depan pintu pelanggan Anda. Di sinilah layanan pemenuhan pesanan masuk. Perusahaan, baik besar atau kecil, biasanya mendapatkan layanan dari perusahaan pemenuhan pesanan pihak ketiga. Dengan cara ini, mereka dapat berkonsentrasi terutama pada proses pembuatan dan membiarkan perusahaan pemenuhan pesanan melakukan pekerjaan mereka. Ini akan membuat organisasi bisnis Anda berjalan lebih efisien. Kuncinya di sini adalah untuk mendapatkan pesanan yang benar pertama kali. Pilih perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan pemenuhan pesanan perusahaan Anda.
1. Anda Dapat Fokus Pada :
- layanan pelanggan
- penjualan pelanggan
- pengembangan produk
- pemasaran
Selain itu, karyawan Anda yang lain akan lebih berkonsentrasi pada hal-hal lain sehingga Anda dapat menggunakan waktu, uang, dan energi Anda dengan lebih baik. Anda dapat mempertimbangkan faktor-faktor penting berikut ketika memilih penyedia layanan pemenuhan pesanan yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda :
2. Lokasi
Memilih lokasi yang tepat harus memainkan peran utama dalam keputusan Anda. Gudang pemenuhan pesanan tersebar dalam panjang dan luasnya negara. Bayangkan saja seberapa tinggi biaya pengiriman Anda akan naik jika Anda memilih gudang pemenuhan pesanan yang terletak jauh di utara ketika sebagian besar pelanggan Anda tinggal di timur.
Pilihan yang lebih baik dan lebih layak adalah memilih lokasi di tengah negara sehingga produk dapat dikirim di kedua lokasi dengan harga yang kurang lebih sama.
3. Ukuran
Ada gudang pemenuhan pesanan skala besar dan kecil. Pilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda. Jika Anda memiliki aliran pesanan yang konstan sepanjang tahun, mudah untuk menemukan perusahaan yang dapat memenuhi permintaan yang konstan. Di sisi lain, jika Anda menerima sebagian besar pesanan selama musim tertentu, apakah mereka dapat menanganinya dan tetap memberikan secara tepat waktu dan efisien?
4. Pemrosesan Pesanan
Perusahaan sekarang melihat perwakilan penjualan pihak ketiga sebagai opsi yang layak. Anda perlu menemukan perusahaan yang akan dapat menangani semua kebutuhan pemrosesan pesanan Anda. Periksa apakah mereka dapat dengan mudah mengubah perkiraan menjadi sejumlah pesanan secara instan. Beberapa perusahaan bahkan memiliki pendaftar pesanan otomatis yang membuat pesanan lebih mudah dipenuhi dan diproses. Dengan demikian, itu akan berubah menjadi keuntungan yang lebih cepat bagi perusahaan.
5. Status Pesanan Waktu Nyata
Anda dan pelanggan Anda harus diberi tahu kapan, di mana, dan bagaimana pesanan dikirimkan. Pastikan penyedia layanan pemenuhan pesanan yang akan Anda dapatkan dapat melacak status pesanan, secara real-time. Juga, setiap orang harus memiliki informasi yang sama tentang status pesanan untuk mencegah penunjuk jari jika timbul masalah.
6. Keterampilan Pemecahan Masalah
Periksa apakah mereka dapat menangani sebagian besar pengiriman atau pesanan. Ini akan memberi tahu Anda bagaimana mereka menangani berbagai hal dari ujungnya. Jika masalah muncul, seperti pesanan yang salah diproses, apakah mereka dapat segera menemukan solusi? Lihat apakah mereka dapat melakukan pengiriman lebih cepat dari biasanya jika terjadi kesalahan pemesanan yang dapat menyebabkan ketidakpuasan pelanggan.
7. Komunikasi
Masalah yang dihadapi sebagian besar perusahaan adalah tangan kanan tidak tahu apa yang dilakukan tangan kiri. Ini adalah hasil dari kurangnya komunikasi. Semuanya harus dikoordinasikan satu sama lain untuk menghindari kebingungan. Ini akan menghemat waktu dan tenaga, dan membuat setiap aspek dari proses pemenuhan pesanan berjalan lebih lancar.
8. Tingkat kesalahan
Kesalahan, kecelakaan, dan kebingungan biasanya ditangani oleh setiap perusahaan. Ada kalanya pesanan akan dikirim ke alamat yang salah. Saat mencari penyedia layanan pemenuhan pesanan, tanyakan tentang tingkat kesalahan mereka dan apa yang mereka lakukan untuk menangani kesulitan tersebut. Juga, tanyakan tentang apa yang mereka lakukan atau tingkatkan dalam sistem pengiriman mereka untuk kasus-kasus seperti ini. Setelah Anda mempertimbangkan faktor-faktor ini dan memilih penyedia layanan pemenuhan pesanan yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda, Anda akan lebih berkonsentrasi pada aspek-aspek penting dari operasi perusahaan yang pasti akan menguntungkan Anda, perusahaan Anda dan orang-orang yang Anda layani.
Komentar
Posting Komentar